Wednesday 25 February 2015

Fungsi Komponen dalam Struktur Komputer


1        Input Device
Input device adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah kedalam sebuah komputer.
Contoh input device :
a.       Keyboard
Merupakan alat input standard yang diperlukan dalam setiap PC. Keyboard berfungsi untuk memasukkan perintah secara langsung ked ala, sebuah PC yang berupa karakter, baik angka, huruf maupun kode ASCII.
b.      Mouse
Mouse merupakan komponen input yang sangat diperlukan jika menggunakan OS berbasis grafik. Mouse berfungsi untuk membantu dalam memberikan perintah kepada komputer dalam bentuk pointer.


c.       Scanner
Scanner berfungsi untuk memasukkan data gambar ke dalam komputer dan memiliki prinsip kerja yang sama dengan mesin photocopy.
d.      Kamera
Seiring dengan perkembangan teknologi, pengguna kamera juga telah banyak yang beralih kepada kamera yang memiliki hubungan dengan komputer dengan pertimbangan kemudahan dalam pengeditan dan penambahan komponen.
2        Process Device
Process device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses data atau perintah di dalam komputer.
Komponen-komponen process device adalah :
a.       Processor
Komponen kecil ini adalah inti dari sebuah komputer. Dalam komponen inilah seluruh perhitungan matematis yang amat rumit dilakukan. Kecepatan, kehandalan dan kompabilitas PC ditentukan oleh processor-nya.
  
 
Gambar Processor

 b.      Motherboard
Motherboard biasa juga disebut dengan “mainboard” adalah komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah process device. Fungsi motherboard secara keseluruhan adalah tempat utama untuk memasang peripheral lain seperti processor, VGA card, dan lain-lain.


GambarMotherboard
c.       RAM
RAM adalah ruang untuk mengolah data atau instruksi yang ditulisatau dibaca oleh processor, dan bersifat sementara.

 
Gambar RAM
3        Output Device
Output device adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan data yang telah dilakukan oleh komputer, contoh:
a.       Monitor
Monitor berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data pada layar baik berupa karakter, gambar maupun warna.
 
 

Gambar Monitor
b.      Printer
Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh process device. Printer terbagi menjadi tiga bagian yaitu Printer Dot Matrix, Printer Inkjet, Printer Laser Jet.
c.       Speaker
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem, yaitu mengeluarkan output berupa suara atau nada.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Mengenai Saya

My photo
Nama Saya Bagus Tri Maryanto, Orangnya biasa, kurus, gak tinggi gak pendek, tapi gak semampai, berkaca mata, dan biasanya dibilang ganteng, yang bilang mamah